Memahami Bid’ah

A. PERKENALAN NARA SUMBER
      Nama: Ahmad Bisyri bin Abdul Syakur bin Abdul Hamid bin Abdul Majid bin Husein Bin Sarbin bin zakaria bin jalilun akbar.
     Tempat/tanggal Lahir: Jakarta, 14 Mei 1973

B. AKTIVITAS SAAT INI :

1.Dosen tetap STEI SEBI, sawangan depok.
2.Dosen honorer STID & STIU Al-Hikmah, Jakarta.
3.Penulis buku “THE POCKET FIQH” salamadani,Bandung.
4.Pembina yayasan AFDOLU ‘AMALA, Depok
5.Pendiri konsultan waris dan zakat “ZAID bin HARITSAH center” jakarta.
6.Dewan syariah lembaga zakat LG Elektronik.
7.Nara sumber kajian islam masjid perkantoran Jakarta.
C. Acuan berfikir

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ إِلَّا رِجَالًا نُوحِي إِلَيْهِمْ فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

An-nahl:42/ al-anbiya:7

Artinya ; telah banyak rasul-rasul yang kami utus membawa wahyu dari KAMI, maka bertanyalah kepada AHLI DZIKR/AHLI ILMU/ULAMA akan hal-hal yang tidak kamu ketahui dan fahami.

§Acuan berfikir
§6532 – حدثنا محمد بن المثنى حدثنا عبد الوهاب قال سمعت يحيى بن سعيد قال أخبرني محمد بن إبراهيم عن أبي سلمة وعطاء بن يسار  : أنهما أتيا أبا سعيد الخدري فسألاه عن الحرورية أسمعت النبي صلى الله عليه و سلم ؟ قال لا أدري ما الحرورية ؟ سمعت النبي صلى الله عليه و سلم يقول ( يخرج في هذه الأمة – ولم يقل منها – قوم تحقرون صلاتكم مع صلاتهم يقرؤون القرآن لا يجاوز حلوقهم أو حناجرهم يمرقون من الدين مروق السهم من الرمية فينظر الرامي إلى سهمه إلى نصله إلى رصافه فيتمارى في الفوقة هل علق بها من الدم شيء )
§Ket. Akan ada sekelompok orang yang senang mengejek sholat ummat islam padahal pemahamannya sangat sempit.
§Landasan memahami bid’ah  (HR. BUKHORI)
§ 2550 – حدثنا يعقوب حدثنا إبراهيم بن سعد عن أبيه عن القاسم بن محمد عن عائشة رضي الله عنها قالت : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( من أحدث في أمرنا هذا ما ليس فيه فهو رد )
§رواه عبد الله بن جعفر المخرمي وعبد الواحد بن أبي عون عن سعد بن إبراهيم  [ ش أخرجه مسلم في الأقضية باب نقض الأحكام الباطلة ورد محدثات الأمور رقم 1718 .
§( أحدث ) اخترع . ( أمرنا هذا ) ديننا هذا وهو الإسلام . ( ما ليس فيه ) مما لا يوجد في الكتاب أو السنة ولا يندرج تحت حكم فيهما أو يتعارض مع أحكامها وفي بعض النسخ ( ما ليس منه ) . ( رد ) باطل ومردود لا يعتد به ]
§Landasan memahami bid’ah (HR.MUSLIM)
§ 17 – ( 1718 ) حدثنا أبو جعفر محمد بن الصباح وعبدالله بن عون الهلالي جميعا عن إبراهيم بن سعد قال ابن الصباح حدثنا إبراهيم بن سعد بن إبراهيم بن عبدالرحمن بن عوف حدثنا أبي عن القاسم بن محمد عن عائشة قالت  : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم

( من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد )

§ [ ش ( من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد ) قال أهل العربية الرد هنا بمعنى المردود ومعناه فهو باطل غير معتد به وهذا الحديث قاعدة عظيمة من قواعد الإسلام وهو من جوامع كلمه صلى الله عليه و سلم فإنه صريح في رد كل البدع والمخترعات ]
§
§Landasan memahami bid’ah (HR.BUKHORI)
§ 1906 – وعن ابن شهاب عن عروة بن الزبير عن عبد الرحمن بن عبد القاري أنه قال : خرجت مع عمر بن الخطاب رضي الله عنه ليلة في رمضان إلى المسجد فإذا الناس أوزاع متفرقون يصلي الرجل لنفسه ويصلي الرجل فيصلي بصلاته الرهط فقال عمر إني أرى لو جمعت هؤلاء على قارئ واحد لكان أمثل ثم عزم فجمعهم على أبي بن كعب ثم خرجت معه ليلة أخرى والناس يصلون بصلاة قارئهم قال عمر نعم البدعة هذه والتي ينامون عنها أفضل من التي يقومون يريد آخر الليل وكان الناس يقومون أوله
§
§ [ ش ( أوزاع ) جماعات . ( الرهط ) من ثلاثة إلى عشرة . ( أرى ) واجتهاده هذا من إقراره صلى الله عليه و سلم للذين صلوا خلفه ولكنه لم يستمر بهم خشية أن تفرض عليهم ( أمثل ) أفضل . ( فجمعهم على أبي ) جعله إماما لهم . ( البدعة ) سماها بدعة لأنها لم يسنها رسول الله صلى الله عليه و سلم وقال نعم البدعة هذه ليدل على فضلها وأن من البدع ما هو مستحسن ومقبول إن كان يندرج تحت مستحسن في الشرع . ( ينامون عنها ) أي إذا ناموا ولم يصلوا التراويح ثم قاموا آخر الليل فصلوا فهو أفضل ]
D. PENGERTIAN BID’AH

Dalam BAHASA arab

Bid’ah adalah menciptakan sesuatu tanpa ada contoh sebelumnya.

§DALAM HADITS NABI SAW

Hadist yang diriwayatkan dari al-irbadh bin sariyah dan dikeluarkan oleh Abu Daud, Tirmizi,Ibnu Majah dan Ibnu Hibban RASULULLAH SAW bersabda:”

‘alaikum bisunnatii…….wa iyyakum wa muhdatsatil umuri fa inna kulla muhdatsatin bid’ah wa kullu bid’atin dolalah”.

Artinya memahami bid’ah harus didahului dengan pemahaman tentang sunnahnabi saw.

§SECARA ISTILAH
1.Imam As-Syatiby  telah memberikan definisi bid’ah dalam kitab al-muwafaqat dan al-I’tisom:

Sebuah tatacara (toriqoh) dalam lingkup agama/dien yang diciptakan menyerupai tatacara yang legal dalam syariah dengan maksud menambah nilai ibadah kepada Allah ta’ala.

§Definisi syeikh albany
(ahkamul janaiz,hal242, jilid 1)
§إن البدعة المنصوص على ضلالتها من الشارع هي: أ – كل ما عارض السنة من الاقوال أو الافعال أو العقائد ولو كانت عن اجتهاد.
§ب – كل أمر يتقرب إلى الله به، وقد نهى عنه رسول الله (ص).
§ج – كل أمر لا يمكن أن يشرع إلا بنص أو توقيف، ولا نص عليه، فهو بدعة إلا ما كان عن صحابي.
§د – ما ألصق بالعبادة من عادات الكفار.
§ه – ما نص على استحبابه بعض العلماء سيما المتأخرين منهم ولا دليل عليه.
§و – كل عبادة لم تأت كيفيتها إلا في حديث ضعيف أو موضوع.
§ز – الغلو في العبادة.
§ح – كل عبادة أطلقها الشارع وقيدها الناس ببعض القيود مثل المكان أو الزمان أو صفة أو عدد.
§Definisi bid’ah menurut syeikh albany
a.Segala hal yang bertentangan dengan sunnah.
b.Segala hal ibadah yang ada larangannya dalam syariat.
c.Segala hal yang tidak mungkin diketahui tanpa teks.
d.Segala adopsi budaya kafir dari peribadatan.
e.Semua fadhoil yang tidak ada dalilnya.
f.Semua yang bersandar dengan hadist dhoif yang tidak diperdebatkan.
g.Semua sikap over dalam ajaran islam
h.Semua persyaratan tambahan dalam ibadah tanpa dalil
§SECARA ISTILAH
2.Syekh Muhammad al-ghazali mendefinisikan dalam kitab Kunuz minas-sunnah:

Menciptakan sesuatu ibadah dari inspirasi diri sendiri lalu menyatakannya sebagai ketentuan syariah dan jalan Allah yang lurus.

§Pengertian bid’ah

Imam Muhammad sidiqi ‘illan dalam dalilul falihin yang mengutip pendapat ibnu hajar al-asqolani dalam syarah arbain :

مااحد ث علي خلا ف أمر الشــارع ودليله العام والخاص

Artinya : bid’ah adalah sesuatu yang baru dan bertentangan dengan ajaran syariat dan dalil yang umum atau khusus.

§Pengertian bid’ah

3. Ahmad Bisyri Lc,MA  dalam the pocket FIQH:

Bid’ah adalah lawan kata sunnah, maka pengertiannya menjadi: segala sesuatu yang tidak dapat disandarkan kepada nabi saw dari perkataan, perbuatan/contoh, atau persetujuan/acc.

§Keterangan tambahan definisi bid’ah

فإن عدم السنية لا يستلزم البدعة كذا حققه العيني في ” البناية ”

Artinya : tidak ada sunnahnya tidak selalu identik menjadi bid’ah. (muwatho’ dalam riwayat muhammad bin al hasan as-syaibani)

سماها بدعة لأنها لم يسنها رسول الله صلى الله عليه و سلم وقال نعم البدعة هذه ليدل على فضلها وأن من البدع ما هو مستحسن ومقبول إن كان يندرج تحت مستحسن في الشرع

Al-bukhori: mengatakan saat menjelaskan “nikmal bid’atu” bahwa bid’ah ada yang maqbul dan ada yang mardud. Yang maqbul adalah jika tidak bertentangan dengan syariat.

§Kesimpulan definisi
a.Ruang lingkup bid’ah adalah tata cara dan bukan sarana.seperti penggunaan alat hitung dalam berzikir yang dianggap bid’ah.
b.Salah besar jika memahami bid’ah sekedar perkara yang tidak ada contohnya dari nabi saw seperti berjabat tangan setelah solat dianggap bid’ah.
c.Salah besar jika memahami bid’ah sekedar perkara yang tidak ada pada zaman nabi saw seperti zakat profesi dianggap bid’ah.
§

PENILAIAN SYARIAT TERHADAP BID’AH

§Pandangan Syariat Terhadap Bid’ah
1.Para pelaku bid’ah secara langsung atau tidak telah mendudukan dirinya sebagai sumber syariat sejajar dengan Allah dan rasulNya sebagaimana yang disinyalir dalam surah as-syuro: 21.

أَمْ لَهُمْ شُرَكَاءُ شَرَعُوا لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ

§Pandangan Syari’at Terhadap Bid’ah
2.Para pelaku bid’ah menyangka bahwa ajaran islam masih membutuhkan tambahan agar semakin lengkap dan sempurna. Bukankah Allah swt telah menyempurnakan ajaranNya seperti yang dinyatakan dalam surah al-Maidah: 3…?

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ

§Pandangan Syari’at Terhadap Bid’ah
3.Para pelaku bid’ah telah mempersulit aplikasi

ajaran Islam di tengah  masyarakat.

§عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- غَدَاةَ الْعَقَبَةِ وَهُوَ عَلَى نَاقَتِهِ « الْقُطْ لِى حَصًى ». فَلَقَطْتُ لَهُ سَبْعَ حَصَيَاتٍ هُنَّ حَصَى الْخَذْفِ فَجَعَلَ يَنْفُضُهُنَّ فِى كَفِّهِ وَيَقُولُ « أَمْثَالَ هَؤُلاَءِ فَارْمُوا ». ثُمَّ قَالَ « يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِيَّاكُمْ وَالْغُلُوَّ فِى الدِّينِ فَإِنَّمَا أَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمُ الْغُلُوُّ فِى الدِّينِ ».

HR.Nasai dan ibnu majah

§Pandangan Syari’at Terhadap Bid’ah
4.Perbuatan bid’ah mengancam eksistensi sunnah yang telah ditanamkan oleh rasulullah saw.

قَالَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ لِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يَا بُنَىَّ إِنْ قَدَرْتَ أَنْ تُصْبِحَ وَتُمْسِىَ لَيْسَ فِى قَلْبِكَ غِشٌّ لأَحَدٍ فَافْعَلْ ». ثُمَّ قَالَ لِى « يَا بُنَىَّ وَذَلِكَ مِنْ سُنَّتِى وَمَنْ أَحْيَا سُنَّتِى فَقَدْ أَحَبَّنِى. وَمَنْ أَحَبَّنِى كَانَ مَعِى فِى الْجَنَّةِ ».

HR.Tirmizi dan tobroni

§Pandangan Syari’at Terhadap Bid’ah
5.Perbuatan bid’ah mematikan kreatifitas positif dalam bidang sains dan tekhnologi.

Al-anfal:60

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ

تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ

§Pandangan Syari’at Terhadap Bid’ah
6.Perbuatan bid’ah berpotensi memicu perpecahan dalam tubuh ummat islam. Al-anfal:46

وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ وَاصْبِرُوا إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

§

CIRI-CIRI PERBUATAN BID’AH

1.Perbuatan bid’ah hanya dalam cakupan tatacara peribadatan bukan dalam lingkup muamalat dan kebiasaan.

2.  Perbuatan bid’ah tidak memiliki pijakan valid dari Al-quran, sunnah atau para sahabat nabi saw baik secara redaksionil ataupun isyarat.

3.  Perbuatan bid’ah lahir dari penafsiran yang tidak di dukung data ilmiyah dan hanya sebuah dorongan nafsu/ambisi seseorang.

4.  Perbuatan bid’ah lahir dari hadist-hadist yang tidak diperdebatkan kepalsuannya.

§ASAL-USUL  TIMBULNYA BID’AH
A.Semangat beragama yang tidak di-iringi dengan semangat belajar keislaman.
B.Mengadopsi beragam kepentingan dalam bermasyarakat tanpa pegangan fundamental.
C.Adanya kepentingan pragmatis yang terselubung dari individu ataupun kelompok masyarakat.
§Kesimpulan 1
§Bid’ah adalah kalimat sensitif di tengah masyarakat muslim.
§Segala masalah kontroversial tidak dapat dikategorikan sebagai bid’ah.
§Kesimpulan 2
§Memahami bid’ah harus dibarengi dengan pemahaman sunnah.
§Bid’ah sangat keras kecamannya dalam syariat islam.
§Tidak ada pembagian bid’ah menjadi baik dan buruk. Semua bid’ah adalah kesesatan.
§
§الحمد لله رب العالمين

Semoga kita terhindar

dari segala bid’ah dan membid’ahkan

secara tidak ilmiyah.

Posted on 25 April 2013, in Artikel. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: